Oregade

Awet Muda? Kendalikan Hormon, Bag 1

Posted on: October 6, 2007

Ada beberapa hormon yang dipercaya punya hubungan erat dengan proses penuaan. Pengendalian hormon yang baik bisa membuat proses itu melambat dan menyebabkan awet muda.

International Congress of Neuroendocrinology di Pittburgg dan Paris Anti-Obesity Therapies Congress telah mendiskusikan hal ini. Ada beberapa hormon spesifik menuju awet muda:

1. DHEA (dehidroepiandrosteron)
Hormon ini diproduksi oleh kelenjar adrenalin. Hormon ini adalah hormon yang paling melimpah dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk mencegah efek penuaan dini seperti melindungi dari Alzheimer, penyakit jantung, kanker payudara dan ovarium juga osteoporosis. Semakin tinggi tingkat DHEA dalam tubuh, maka makin padat tulang.

2. Melatonin
Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal, yang terletak di otak. Hormon ini bisa membantu seseorang untuk tidur. Tidur, tentu saja menghasilan hormon anti penuaan yaitu HGH alias human growth hormon. Hormon ini juga bisa membuat efek anti kanker. Sebuah studi menemukan, wanita dengan penyakit kanker payudara diketahui punya tingkat melatonin yang rendah. Melatonin juga berpotensial menjadi antioksidan yang bisa membantu mengurangi depresi. Penelitian di Italia menunjukkan hasil suplemen melantonin pada tikus memperpanjang hidupnya 25 persen.

3. Hormon thiroid
Hormon ini selalu terlibat saat tubuh berproses melakukan apapun. Ketika hormon ini berkurang biasanya gejala yang terjadi adalah tangan dan kaki jadi dingin, sulit menurunkan berat badan, ingatan terganggu, kebingungan mental, sulit berkonsentrasi, rambut rontok, kulit kering, kuku rapuh dan kekurangan energi serta gairah seks.

4. HGH (human growth hormon)
Menurut para ahli hormon ini dihasilkan oleh kelenjar di bawah otak sebagai hormon yang paling berpotensi membuat awet muda. Hormon ini dapat mengurangi berat badan berlebih, meningkatkan otot, meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan energi, mempertinggi performa seks, memperbaiki kerusakan pada penderita penyakit jantung, memperbaiki kapasitas pernafasan, memperbaiki aliran darah dan kulit yang kapalan.

5. Hormon lain
Hormon seks progesteron, estrogen dan testosteron juga berkhasiat membuat awet muda. Kekurangan progesteron bisa membuat kecemasan, susah tidur, susah beristirahat, panik, gelisah, kekurangan cairan dan payudara membengkak. Kekurangan estrogen dapat membuat rambut rontok, kerutan di daerah bibir, payudara turun, muka berbulu, mata kering, depresi dan cepat lelah. Sementara kekurangan testoreton dapat membuat kerutan di wajah, kehilangan otot tubuh, pinggang menggendut, kelelahan yang kronis, penurunan libido, disfungsi ereksi dan kesulitan mencapai orgasme ini bisa terjadi pada pria juga wanita.

Nah, ini baru bagian 1 saja. Di bagian 2, cari tahu apa yang harus Anda lakukan untuk menjaga hormon-hormon di atas.

sumber : detikhot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: