Oregade

Pernyataan Paus

Posted on: September 17, 2006

Kecaman atas pernytaan Paus Benedikus XVI yang menilai islam identik dengan kekrasan dan pedang terus mengalir dari seluruh penjuru dunia. Kemarahan umat datang mulai dari kelompok moderat Sunni dan Syiah, hingga kaum militan.

PM Malaysia Abdullah Badawi yang kini menjadi Ketua OKI menytakan kepimpinan Vatikan harus bertanggung jawab atas masalah tersebut. “Paus seharusnya tidak menyebarkanpenghinaan. Vatikan harus bertanggung jawab scara penuh tas masalah tersebut serta melakukan langkah-langkah unutk meralatnya,” kata badawi kapada kantor berita Malaysia, Bernama

Menurut rektor Univesitas Al-azhar Kairo Sheikh Mohammed Tantawi, komentar Paus memperlihatkan kepicikannya terhadap ISlam dan kemasabodohannya atasa sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan.

Ketika berbicara di Regensburg, Jerman, selasa (12/9), Benediktus mengidentikkan Islam dengan kekerasan. “Tunjukkanpada saya, mana ajaran baru yang dibawa (Nabi) Muhammad. DI sana Anda hanya kan menemukan soal kekerasan dan Iblis, tidak manusiawi. Seperti perintahnya untuk menyebarkan agama yang dianutnya dan pedang,” katanya

Pemimpin Senior Ikhwanul Muslim Mesir Abdel Moneim Abul Futuh mengungkapkan pernyataan Paus itu lebih serius ketimbang kartun Nabi Muhammad di surat kabar Negara-negara Eropa beberapa waktu lalu. “Reaksi akan lebih dahsyat daripada kartun itu. Sebab, pernyataan itu datang dari pemimpin yang mewakili jutaan umat, buka dari seorang jurnalis,” Jelas Abdel.

Surat kabar bertiras besar di AS, teh New York Times, dalam editorialnya mengeaskan pernyataan Paus itu sangat tragis dan berbahaya ketiak seorang Paus menyampaikan hal seperti itu,”

KTT GNB di Havana, Kuba yang dilaksanakan dari tanggall 15-17 September 2006 juga mengecam pernytaan Paus tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: