Oregade

Konferensi Non-Blok

Posted on: September 17, 2006

Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok (GNB) menyerukan negara-negara lemah bangkit melawan hegemoni Amerika Serikat.

Sikap GNB tersebut tertuang dalam dokumen yang tertuang dari hasil KTT yang digelar di Havana, Kuba, (17/9/06). KTT terbut dihadiri lebih dari 55 kepala negara/pemerintah dari 118 negara anggota GNB.

Sebagian besar pemimpin GNB, dalam pernyataan mereka di depan sidang menjadikan kebijakan luar negeri AS sebagai titi sorotan. “Dengan segala arogansi dan kekuasaannya, bagaimana bisa Amerika Serikat dibiarkan menikamati hak veto di PBB,” kata Ahmadinejad presiden Iran.

Ahmadinejad juga menolak kerasa tudingan AS dan sekutu Baratnya bahwa Iran menuju pengembangan senjata nuklir. Presiden Iran itu menegaskan program nulkir Iran sangat jelas untuk tujuan damai. Sebaliknya, fakta menunjukkan justru merekalah yang saat ini mengembangkan senjata nuklir.

Raul Castro (Adik Fidel Castro) Presiden Kuba, mengakatkan juga, saat ini dunia dikuasai persepsi Washington yang tidak masuk akal. Kebijakan-kebijakan nya juga sarat dengan kehausan akan sumber – sumber strategis dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: